Ada pun dalil-dalil dari hadis lebih banyak lagi. Di antaranya, hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ’anhu, bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wasallam bersabda:

“Tangan kanan Ar-Rahman penuh dengan karunia yang tak akan pernah berkurang karena siang maupun malam. Tahukah kalian, apa saja yang telah diberikan-Nya sejak diciptakannya langit dan bumi? Sesungguhnya dengan semua itu, karunia yang ada di tangan kanan-Nya tidak berkurang. Dan ‘Arsy-Nya berada di atas air. Dan tangan-Nya yang lain terdapat timbangan yang terkadang naik dan terkadang turun.” (HR. Bukhari 4684, Muslim 993)

Hadits dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ’anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi
wasallam bersabda:

“Pada hari kiamat, bumi bagaikan sekeping roti. Kemudian Allah Al-Jabbar membolak-baliknya dengan tangan-Nya sebagaimana salah seorang di antara kalian bisa memutar-mutar rotinya dalam perjalanan safar. Untuk diberikan kepada para penghuni surga (di padang mahsyar).” (HR. Bukhari no. 6520, Muslim no. 2793)

Hadits dari Abu Musa radhiyallahu ’anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam bersabda:

“Sungguh, Allah membentangkan tangan-Nya pada malam hari untuk menerima tobat dari hamba yang bermaksiat di siang hari. Dan Allah membentangkan tangan-Nya pada siang hari untuk menerima tobat dari hamba yang bermaksiat di malam hari. Sampai matahari terbit dari barat.” (HR. Muslim no. 2759)

Dan ini adalah akidah para sahabat Nabi, akidah para salaf, dan imam Ahlussunnah, tidak ada khilaf di antara mereka.

Abul Hasan Al-Asy’ari rahimahullah mengatakan”

“Para ulama sepakat bahwa Allah ‘azza wa jalla mendengar dan melihat. Dan Allah Ta’ala memiliki dua tangan yang terbuka lebar.” (Risalah ila Ahlits Tsughur, hal. 225)

Imam Asy-Syafi’i rahimahullah mengatakan:

“Allah Maha Mendengar, dan Allah memiliki dua tangan berdasarkan ayat (yang artinya), “Bahkan kedua tangan-Nya terbuka lebar.” (QS. Al-Maidah: 64) Dan kedua tangan Allah adalah kanan, berdasarkan firman-Nya (yang artinya), “Dan langit- langit dilipat oleh Allah dengan tangan kanan-Nya.” (QS. Az-Zumar: 67) (Thabaqat Al-Hanabilah, 1: 282)

Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah mengatakan:

“Hati manusia ada di antara jari-jemari Allah, Allah menciptakan Nabi Adam dengan tangan-Nya. Setiap hadis yang menyebutkan semisal ini, maka itulah akidahku.” (Ibthalut Ta’wilat, karya Abu Ya’la hal. 45)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini