UM Surabaya

Jika benar ingin semakin dicintai Allah, maka jalannya adalah dengan cara mematuhi perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Setiap apa yang dilarang dan diharamkan di atas bumi ini adalah untuk kebaikan manusia. Meskipun tak semua larangan dapat dimaknai dengan akal dan pikiran yang terbatas ini.

Dosa-dosa itu memiliki efek yang besar dan fatalnya bisa membawa seseorang pada kekufuran jika terlalu sering menerjang perkara yang diharamkan. Dan jika kemaksiatan sudah menjadi suatu kebiasaan akan membuat seseorang sulit bertobat. Semakin tertutup hati seorang hamba maka akan semakin sulit untuk kembali dan bertobat kepada Allah.

Ibnul Qayyim mengatakan: “Efek negatif dosa yang paling berbahaya bagi seorang hamba adalah dosa yang mampu melemahkan keinginan hati untuk melakukan perbuatan maksiat semakin kuat. Dosa melemahkan keinginan hati untuk bertobat sedikit demi sedikit sampai akhirnya semua keinginan untuk tobat tercabut dari hati. Padahal seandainya separo dari hati seseorang itu sudah mati, maka susah untuk bertobat kepada Allah”. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini