Ini Doa Khusus Saat Malam Lailatul Qadar
Foto: getty images/istockphoto/choreograph

Malam yang amat sangat istimewa. Itulah Lailatul Qadar. Yang merupakan malam yang paling diberkahi dalam setahun, maka barangsiapa yang melewatkannya tentu telah meninggalkan banyak sekali kebaikan.

Banyak ulama yang menyebutkan bahwa yang harus dihindari selain dosa adalah menyia-nyiakan waktu pada malam yang berharga ini.

Kita harus ingat bahwa malam secara teknis dimulai pada saat maghrib, dan memperhatikan bagaimana waktu dihabiskan sejak saat itu dan seterusnya.

Jika seorang mukmin ingin menaati Tuhannya dan memperbanyak amal saleh dalam catatannya, maka ia harus berusaha untuk menghabiskan malam ini dengan ibadah dan ketaatan.

Jika hal ini dimudahkan baginya, maka akan diampuni semua dosa-dosanya yang telah lalu.

Lailatul Qadar memberikan kesempatan yang sempurna untuk berdoa demi terwujudnya mimpi-mimpi terbaik, dan mencegah mimpi-mimpi terburuk. Pada malam ini terdapat doa khusus, yaitu:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عُفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

“Ya Allah! Engkau Maha Pengampun, dan Engkau suka mengampuni. Jadi maafkanlah aku.”

Nabi Muhammad saw memerintahkan kita untuk memanggil Allah dengan menggunakan nama Ilahi al-‘Afuww (Yang Maha Pengampun) pada malam ini, dan ini memiliki hubungan khusus dengan Qadar.

Makna linguistik dari Nama Ilahi ini dijelaskan dengan memperhatikan bahwa akar kata ‘afuw (pengampunan) secara linguistik berkonotasi dengan penghapusan (al-mahuw) dan pemindahan (al-tams) (Lisan al-`Arab, 4/3019).

Dengan demikian, doa-doa kita kepada Allah pada malam ini secara eksplisit berhubungan dengan permohonan kepada-Nya untuk menghapus konsekuensi dari kesalahan kita.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini