FBHIS Umsida Gelar Tryout UTBK SNBT 2024
Kegiatan tryout di Ruang Pleno FKG GKB 1 lantai 7. foto: umsida

Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (FBHIS Umsida) berkolaborasi dengan beberapa startup seperti Telkomsel, ilmupedia, dan Ruang Guru, menggelar Tryout UTBK SNBT 2024, Rabu (24/04/2024).

Kegiatan yang ditempatkan di Ruang Pleno FKG GKB 1 lantai 7 itu , diikuti 250 siswa dari 25 SMA/SMA/sederajat di Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya.

Ilmupedia dan Ruang Guru merupakan startup penyedia layanan pendidikan (bimbingan belajar) online yang sudah cukup dikenal masyarakat. Tryout ini menyediakan soal-soal latihan yang diprediksi akan muncul saat tes.

Tujuannya untuk melatih siswa sebelum melakukan tes masuk perguruan tinggi yang akan dilaksanakan pada akhir April hingga Mei besok.

“Sekilas saya melihat data yang daftar Tryout ini cukup banyak. Hal ini menandakan bahwa banyak siswa yang memiliki minat untuk melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan. Termasuk juga Umsida, saat ini Umsida sudah terakreditasi unggul. Dan di Jawa Timur, hanya ada dua PTMA yang sudah terakreditasi unggul, yakni UMM dan Umsida,” ujar Wakil Rektor III Umsida Dr Nurdyansyah MPd.

Sekarang, imbuh dia, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, sedang bersaing luar biasa karena sudah tidak ada perbedaan antara perguruan tinggi tersebut.

Terlebih Umsida telah unggul yang berarti juga memiliki kedudukan setara dengan perguruan tinggi negeri.

“Salah satu rangkaian dari kegiatan hari, kalian juga akan melakukan campus tour. Saat itu kalian bisa menilai Umsida ini seperti apa, sudah sebagus apa Umsida yang sekarang unggul dan setara dengan kampus lain,” beber Nurdyansyah.

Dia berharap dengan adanya tryout ini, para siswa bisa memiliki acuan lebih banyak sebelum melakukan tes UTBK nanti dan bisa diterima di kampus impian, baik PTN maupun PTS.

Umsida telah memfasilitasi kegiatan ini dengan baik agar pelaksanaan tryout berjalan lancar.