Pahala Dahsyat Salat Sunah Rawatib
foto: rawpixel.

Salat sunah rawatib adalah salat sunah yang mengiringi salat lima waktu. Salat sunnah rawatib yang dikerjakan sebelum salat wajib disebut salat sunah qobliyah. Sedangkan sesudah salat wajib disebut salat sunah ba’diyah.

Di antara tujuan disyariatkannya salat sunah qobliyah adalah agar jiwa memiliki persiapan sebelum melaksanakan salat wajib.

Perlu dipersiapkan seperti ini karena sebelumnya jiwa telah disibukkan dengan berbagai urusan dunia. Agar jiwa tidak lalai dan siap, maka ada salat sunah qobliyah lebih dulu.

Sedangkan salat sunah ba’diyah dilaksanakan untuk menutup beberapa kekurangan dalam salat wajib yang baru dilakukan. Karena pasti ada kekurangan di sana-sini ketika melakukannya.

Keutamaan Salat Sunah Rawatib

Pertama: Salat adalah sebaik-baik amalan

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَاعْلَمُوا أَنَّ خَيْرَ أَعْمَالِكُمُ الصَّلاَةُ

“Ketahuilah, sebaik-baik amalan bagi kalian adalah salat.”[1]

Kedua: Akan meninggikan derajat di surga karena banyaknya salat tathowwu’ (salat sunah) yang dilakukan

Tsauban, mantan budak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, pernah ditanyakan mengenai amalan yang dapat memasukkannya ke dalam surga atau amalan yang paling dicintai oleh Allah.

Kemudian Tsauban mengatakan bahwa beliau pernah menanyakan hal tersebut pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lantas beliau menjawab,

عَلَيْكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ لِلَّهِ فَإِنَّكَ لاَ تَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً إِلاَّ رَفَعَكَ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ عَنْكَ بِهَا خَطِيئَةً

“Hendaklah engkau memperbanyak sujud kepada Allah karena  tidaklah engkau bersujud pada Allah dengan sekali sujud melainkan Allah akan meninggikan satu derajatmu dan menghapuskan satu kesalahanmu.”[2] 

Ini baru sekali sujud. Lantas bagaimanakah dengan banyak sujud atau banyak shalat yang dilakukan?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini