Etika Amar Ma’ruf Nahi Mungkar dan Keutamaannya
foto: islamonline

*) Oleh: Tito Yuwono, Ph.D,
Dosen Teknik Elektro UII Yogyakarta, Sekretaris Majelis Dikdasmen PCM Ngaglik, Sleman

Allah Ta’ala memuji hambanya
Menjadi umat terbaik dibanding lainnya
Karena selalu beikhtiar
Beramar ma’ruf nahi mungkar

Ia banyak keutamaannya
Dilakukan dengan adab dan etika
Agar Allah Ta’ala meridhionya
Kemaslahatan akan terjaga

Keutamaan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar 

Salah satu keutamaan sekaligus kemuliaan umat Islam karena amalan amar ma’ruf nahi mungkar. Bahkan karena amalan inilah menyebabkan umat ini menjadi umat terbaik. Sebagaimana difirmankan Allah Ta’ala dalam Surat Ali Imran ayat 110:

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ ۗ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ ٱلْكِتَٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُم ۚ مِّنْهُمُ ٱلْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ ٱلْفَٰسِقُونَ

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.”

Ketika umat ini masih menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar, maka Allah Ta’ala pasti akan menolong kita. Sebagaimana dalam surat Al-Haj ayat 40-41, Allah Ta’ala berfirman:

ٱلَّذِينَ أُخْرِجُوا۟ مِن دِيَٰرِهِم بِغَيْرِ حَقٍّ إِلَّآ أَن يَقُولُوا۟ رَبُّنَا ٱللَّهُ ۗ وَلَوْلَا دَفْعُ ٱللَّهِ ٱلنَّاسَ بَعْضَهُم بِبَعْضٍ لَّهُدِّمَتْ صَوَٰمِعُ وَبِيَعٌ وَصَلَوَٰتٌ وَمَسَٰجِدُ يُذْكَرُ فِيهَا ٱسْمُ ٱللَّهِ كَثِيرًا ۗ وَلَيَنصُرَنَّ ٱللَّهُ مَن يَنصُرُهُۥٓ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَقَوِىٌّ عَزِيزٌ

“(yaitu) orang-orang yang telah diusir dari kampung halaman mereka tanpa alasan yang benar, kecuali karena mereka berkata: “Tuhan kami hanyalah Allah”. Dan sekiranya Allah tiada menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain, tentulah telah dirobohkan biara-biara Nasrani, gereja-gereja, rumah-rumah ibadat orang Yahudi dan masjid-masjid, yang di dalamnya banyak disebut nama Allah. Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini