4 Perkara yang Menyelamatkanmu di Dunia dan Akhirat
foto: quran-for-all

*) Oleh: Ferry Is Mirza DM

Ketahuilah wahai saudaraku, bahwa yang menghancurkan kebahagiaan dan keselamatan hidup manusia di dunia dan akhirat adalah dosa.

Allah SWT berfirman:

“Dan setiap musibah yang menimpamu adalah karena ulahmu sendiri dan dosamu …..”
(QS. Asy-Syura : 30)

Maka untuk meraihnya, isilah seluruh umur dengan empat perkara agar senantiasa mendapat curahan rahmat dan ampunan dari Allah Azza Wa Jalla.

Empat perkara tersebut adalah:

1. Tobat

Jangan pernah menunda tobat dan meremehkannya, bertaubatlah kepada Allah dengan cara yang benar dan jangan pernah bertaubat dengan cara yang tidak ada contohnya dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, penuhi syarat tobat, ikhlas, menyesal, membenci kesalahan yang lalu, bertekad untuk tidak mengulanginya dan segera menyelesaikan semua permasalahan dengan manusia

2. Ilmu yang Bermanfaat

Pastikan ilmu yang dicari adalah ilmu yang bersumber dari Alqur’an dan hadis sahih dan sesuai dengan pemahaman sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, kenalilah Allah, Rasulmu dan agamamu yang benar melalui ilmumu, tuntutlah ilmu agama yang membuatmu takut kepada Allah

3. Amal Saleh

Pastikan semua amal yang kita kerjakan baik itu amalan hati, lisan maupun anggota badan adalah amal yang dikerjakan karena perintah Allah dan sesuai dengan contoh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

4. Mengikuti Jalan Hidayah

Berkata Sa’id bin Zubair yaitu menjalankan agama yang sesuai dengan cara Rasul dan sahabat sahabatnya radhiallahu ‘anhum,

Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya Aku akan mencurahkan Ampunan kepada hambaKu yang selalu bertaubat, beriman dan beramal shaleh, kemudian meniti jalan hidayah.” (QS. Toha : 82)

Insya Allah, Allah memberikan keselamatan kepada kita semua di dunia dan akhirat.
Yaa Allah ampuni segala dosa dosaku , ampuni segala khilaf dan salahku, hamba benar benar bertobat kepada-Mu yaa Rabb.

Hamba menyesali dan tidak akan mengulangi segala kedurhakaan hamba ampuni yaa Allah, jika tidak sungguh hamba termasuk orang orang yang rugi dan celaka.

Sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari yang tidak bermanfaat, amal yang tidak diangkat hati yang tidak khusyuk dan ucapan yang tidak didengar.

Insya Allah bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini