Persaudarakan Umat Manusia
foto: moroccoworldnews

*) Oleh: Ihsan Nursidik
Kader Muhammadiyah Jawa Barat

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا أَمَرَ. فَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى عَنْهُ وَحَذَّرَ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللّٰهُ اَلْوَاحِدُ الْقَهَّاُر. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُ اْلأَبْرَارِ. فَصَلَوَاتُ الِلّٰهِ وَسَلاَمُهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْبَعْثِ وَالنُّشُوْرِ. أَمَّا بَعْدُ:

فَيَا عِبَادَ الِلّٰهِ. أُوْصِيْنِيِ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللّٰهِ. فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. وَقَالَ تَعَالَى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللّٰهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

وقال أيضا: ٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

Jamaah Jumat Rakhimakumullah

Persaudaran dalam Islam dikenal dengan istilah ukhuwah yang bermakna persamaan atau keserasian. Ukhuwah sendiri merupakan bentuk jamak dari kata Akhun, yang berarti hubungan darah atau karena sepersusuan.

Artinya suatu hubungan yang memiliki keterkaitan yang begitu dekat satu dengan yang lainnya. Menurut Asfahani, makna keterhubungan ini dapat terbentuk karena berbagai faktor, baik itu disebabkan karena keturunan, persahabatan, agama dan lain sebagainya.

Dalam Al-Qur’an kata yang berpadanan dengan istilah ukhuwah ini setidaknya disebutkan sebanyak 81 kali. Antara lain 52 kali dalam bentuk mufrad-nya dan 29 kali di dalam bentuk jamak-nya.

Secara terperinci bila makna ukhuwah dalam Al-Qur’an tersebut kita artikan sebagai persamaan atau persaudaraan, maka akan terbentuk suatu makna persaudaraan yang dapat di bagi ke dalam empat bagian.

Pertama ukhuwwah fil ubudiyyah, yakni persamaan sebagai makhluk yang tunduk kepada Allah SWT. Kedua, ukhuwwah fil insaniyyah, yaitu persaudaraan dengan seluruh umat manusia.

Ketiga, ukhuwwah fil wathaniyyah, yakni bentuk persaudaraan yang diletakkan karena persamaan keturunan atau suatu kebangsaan. Dan terakhir yakni ukhuwwah fil diinul Islam, yaitu persaudaraan atas dasar iman sebagai sesama umat Islam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini