Museum Al Wahyu, Jejak Penegakan Tauhid di Makkah
Pengunjung mengamati grafik interaktif perjalanan Nabi Muhammad saw menerima wahyu pertama. foto: antara

*) Oleh: Dr. Slamet Muliono Redjosari

Saya berkesempatan mengunjungi Museum Al Wahyu pada ibadah haji tahun ini. Lokasinya di Hira Cultural Distric, Mekkah, Arab Saudi yang terletak di kaki Gunung Jabal Nur atau Gua Hiro.

Museum ini sepertinya sengaja dibuat untuk melestarikan jejak-jejak penegakan nilai-nilai tauhid di Kota Makkah.

Ketika memasuki museum ini, para jemaah dipersilakan masuk untuk melihat perjuangan para nabi dalam menegakkan nilai tauhid.

Setidaknya ada lima layar dengan narasi yang cukup mendebarkan karena terlihat layar lebar yang menggambarkan suasana perjuangan para Ulul Azmi.

Museum Al Wahyu, Jejak Penegakan Tauhid di Makkah
Di Museum Al Wahyu ditampilkan animasi turunnya wahyu serta kisah Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Musa, Nabi Isa hingga Nabi Muhammad. foto: antara/wahyu putro

Sejarah Perjuangan

Layar pertama, jemaah diperlihatkan kisah nabi Adam dalam kehidupan di bawah bimbingan Allah. Namun Nabi Adam melanggar perintah sehingga terusir ke dunia.

Allah membimbing Nabi dalam dalam menegakkan nilai tauhid dengan membangun Ka’bah. Ka’bah merupakan simbol bahwa Nabi Adam telah menorehkan jejak tauhid.

Layar kedua, menggambarkan jejak perjuangan Nabi Nuh yang berjuang menegakkan tauhid di tengah masyarakatnya yang menyembah berhala.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini