Mengenal Lebih Dalam Buah Kurma dan Segudang Khasiatnya
foto: getty images
UM Surabaya

*) Oleh: Ubaidillah Ichsan, S.Pd,
Korps Mubaligh Muhammadiyah (KMM) PDM Jombang

“Dates are a fruit that has a multitude of benefits and properties for the health of the body, but only knowledgeable people know about it.”

(Kurma adalah buah yang menyimpan segudang manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh, namun hanya orang yang berilmu yang mengetahuinya)

Buah kurma adalah salah satu jenis buah-buahan yang sering ditemukan di negara-negara dengan iklim tropis seperti Indonesia.

Buah yang memiliki rasa manis dan kaya akan nutrisi ini, tak hanya enak untuk dikonsumsi tetapi juga memiliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa khasiat buah kurma yang dipercaya oleh sejumlah ahli:

1. Meningkatkan Energi Tubuh

Buah kurma merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Dalam 100 gram kurma kering mengandung sekitar 75 persen karbohidrat, 2.5 persen protein, dan 0.5 persen lemak.

Cara terbaik untuk mengonsumsi kurma adalah dengan mengonsumsinya secara mentah, karena di dalamnya terdapat gula alami yang membuat tubuh merasa lebih energik.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah kurma diperkaya dengan potassium, magnesium, serta antioksidan yang bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Membantu Mencegah Kanker

Studi menunjukkan bahwa ekstrak kulit kurma dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama sel kanker payudara dan kanker usus besar.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah kurma tinggi akan serat dan bisa membantu memperbaiki kesehatan pencernaan, mengatasi sembelit, dan menurunkan risiko terkena penyakit tukak lambung.

Al-Qur’an menjelaskan kisah tentang keutamaan buah kurma, salah satunya tertera dalam firman-Nya,

وَهُزِّىٓ إِلَيْكِ بِجِذْعِ ٱلنَّخْلَةِ تُسَٰقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا

“Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.”(QS. Maryam:25)

Sejumlah ulama juga mengemukakan tentang keutamaan buah kurma, salah satunya adalah Ibnu Hajar Al-Asqalani yang menyebutkan bahwa buah kurma dapat membantu memperbaiki kesehatan tubuh dan menjaga kekuatan fisik.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa buah kurma memiliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh dan sangat disarankan untuk dikonsumsi secara teratur.

Semoga bermanfaat. (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini