Menuju Islam Indonesia yang Berkemajuan
Salat Tarawih di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat. foto: tempo/ faisal ramadhan

*) Oleh: Lulus Bektiyono,
Wakil Ketua PCM Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan

إِنَّ اْلحَمْدَ لِلّهِ نَحْمَدُهُ وَ نَسْتَعِيْنُهُ وَ نَسْتَغْفِرُهُ، وَ نَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَ مِنْ سَيِّئاَتِ أَعْمَالِناَ. مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلاَ مُضَلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَا دِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ. الَّلهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ وَ بَارِكْ عَلىَ نَبِيِّناَ مُحَمَّد وَ عَلىَ اٰلِهِ وَ صَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ فَياَعِبَادَ اللهِ. أُصِيْكُمْ وَإَيّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ المُتَّقُوْنَ

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Selawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw, keluarga, dan para sahabatnya yang setia.

Saudaraku yang dirahmati Allah

Hari ini, kita akan merenung bersama mengenai masa depan Islam di Indonesia. Sebagai umat Islam yang mendiami negeri yang indah ini, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga, memajukan, dan membayangkan masa depan yang lebih baik untuk Islam di Tanah Air tercinta.

Indonesia adalah negara dengan keberagaman suku, agama, dan budaya. Allah menciptakan kita berbeda-beda agar kita saling mengenal dan bekerja sama.

Marilah kita jaga persatuan dalam keberagaman, menjadikan keunikan ini sebagai kekuatan, bukan perpecahan.

Setidaknya inilah tawaran sekaligus pandangan Muhammadiyah yang dituangkan pada buku Negara Pancasila sebagai Darul Ahdi wa Syahadah.

Intinya perbedaan atau kemajemukan adalah modal besar yang mestinya bisa dimaksimalkan untuk meraih kemajuan di masa depan.

Masa depan Islam di Indonesia terletak pada kolaborasi antarumat beragama untuk menciptakan kesejahteraan bersama. Islam mengajarkan toleransi, dan dengan memahami dan menghormati perbedaan, kita bisa bersama-sama membangun negeri ini.

Saudaraku yang dirahmati Allah

Lalu apa yang harus dipersiapkan untuk kemajuan masa depan Islam di Indonesia?

Pertama, Pendidikan agama sebagai fondasinya. Masa depan Islam sangat bergantung pada pemahaman yang benar terhadap ajaran Islam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini