Makin Kalap, Israel Sudah Jadi Common Enemy Global
Sistem pertahanan udara Iron Dome Israel diluncurkan untuk mencegat rudal yang ditembakkan dari Iran, di Israel tengah, Ahad (14/4/2024). foto: ap/tomer neuberg

Israel makin kalap. Setidakdalnya sejak Oktober 2023 lalu. Logika menghancurkan Hamas semakin tidak terbukti.

Secara kasat mata Zionis Israel didukung oleh Amerika justru melakukan pelanggaran Internasional, meluluh lantakkan Palestina, melakukan genosida besar-besaran dan berusaha menciptakan Palestina baru.

“Kekalapan ini semakin membuat Israel terpuruk secara moral dan politik apalagi semenjak Israel menghancurkan Konsulat Iran di Damaskus, Suriah, beberapa hari yang lalu. Kemarahan serius Iran atas tindakan pemerintah Zionis Israel ini sudah ditunjukkan dengan melakukan serangan drone dan pesawat tanpa awak ke wilayah Tel Aviv,” beber Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim, Ahad (14/4/2024).

Sebelum ini, Iran sebetulnya sudah mencoba bersabar tidak melalukan serangan langsung atas pembunuhan terhadap warga Palestina dan juga pejabat Iran.

Akan tetapi, pengancuran Konsulat Iran di Damaskus yang menewaskan penasehat garda revolusi Iran Sayyed Razi Mousavi telah mendorong Iran untuk melakukan langkah-langkah yang terukur.

Serangan Iran ini adalah retaliasi atau pembalasan atas serangan brutal Israel tanggal 1 April 2024 terhadap fasilitas diplomatiknya di Damaskus, Suriah.

Sikap atau penjelasan resmi pemerintah Iran atas serangan balasan ini telah disampaikan.

Bagi Iran, langkah ini perlu dilakukan untuk menekankan kembali kepatuhannya terhadap prinsip-prinsip dan tujuan PBB dan hukum internasional.

Disamping itu, Iran ingin menunjukkan tekad tegasnya untuk mempertahankan kedaulatan, integritas wilayah dan kepentingan nasionalnya yang telah sangat nyata dirusak oleh Israel.

Karena itu, sikap Iran ini, hemat saya bisa dimengerti sebagai sikap patriotik karena melakukan pembelaan terhadap kedaulatan yang dilindungi oleh hukum.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini