B. Kontrol melalui manajemen. Secara teoritis terminologis, manajemen dalam Al-Qur’an memang tidak disebutkan. Tapi secara doktrinal, hampir seluruh isi Al-Qur’an dan praktik Rasulullah mengandung ajaran dan prinsip-prinsip manajemen.
Misalnya planning, dalam Al-Qur’an perencanaan harus bermotivasi ibadah kepada Allah, takwa dan berdaya jangkau masa depan yang jauh (akhirat), sehingga perencanaan itu matang dan komprehensip.
“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS al-Hasyr (59): 18).
Demikian pula dalam organizing, ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan di sini:
Pertama, bersifat sistemik. (QS al-Saf (61): 4).
Menurut Imam Ali ra, organisasi yang baik dan solid menjadi syarat utama bagi tegaknya suatu sistem yang baik. Dia bersifat universal, bukan monopoli siapa pun. Bahkan kebenaran yang tidak terorganisir akan dapat dikalahkan oleh kebatilan yang terorganisir (al-haqqu bila nidhamin yughlibuhu al-bathil bi nidhamin).
Kedua, adil. Keadilan, keseimbangan, kesetaraan, persamaan proporsional adalah istilah-istilah yang memiliki makna yang saling terkait.
Menarik apa yang dikatakan Ibnu Tamiyah dalam mengomentari masalah penegakan keadilan dalam konteks berorganisasi termasuk dalam konteks negara:
إن االله يقيم الدولة العادلة وإن كانت كافرة ولا يقيم الظالمة وإن كانت مسلمة ويقال : الدنيا تدوم مع العدل والكفر ولا تدوم مع الظلم والإسلام …وذلـك لأن العدل نظام كل شيء
“Sesungguhnya Allah akan mengizinkan tegaknya suatu Negara yang adil walaupun kafir, dan tidak mendukung tegaknya Negara yang zalim walaupun Islam, dikatakan lagi: Dunia itu akan terus eksis bersama keadilan dan kekafiran, sebaliknya, tidak akan berkekalan (cepat runtuh) bersama kezaliman walaupun Islam…yang demikian karena keadilan itu adalah sistem nilai bagi segalanya” (al-Hisbah, 147-148)
C. Kontrol sosial. Kontrol sosial dalam proses mengawal suatu program manajemen sangat penting. Dalam Al-Qur’an salah satu “term” yang paling relevan untuk aktivitas kontrol sosial ini adalah “term” amar ma’ruf dan nahi munkar (memerintahkan kebajikan dan mencegah kemungkaran).