Tingkatkan Publikasi Artikel Mahasiswa, UM Buton Gandeng UMY
UM Buton dan UMY bekerja sama melalui program pengabdian masyarakat.

Untuk meningkatkan publikasi mahasiswa di media digital, Universitas Muhammadiyah Buton (UM Buton) dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bekerja sama melalui program pengabdian masyarakat. Program ini mendapat dukungan sepenuhnya  dari Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UMY.

Adapun tujuan dari kolaborasi kedua institusi pendidikan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penulisan di media digital berbasis konten pengguna atau user generated content (UGC). Pelatihan diadakan di kampus UM Buton di Bau bau, Sulawesi Tenggara pada  Ahad (5/5/2024).

Fajar Junaedi, dosen Ilmu Komunikasi UMY yang menjadi pengisi pelatihan, sebagai bentuk implemtasi program pengabdian dosen UMY. Pelatihan  membahas pengembangan ide menjadi artikel populer dan kedua adalah submisi artikel ke media digital berbasis UGC dan media sosial.

Rangkaian workshop diadakan selama satu hari pelatihan telah menghasilkan dua puluh artikel yang dipublikasikan oleh mahasiswa UM Buton.

Harry Fajar Maulana, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UM Buton, berharap bahwa kemampuan mahasiswa dalam penulisan digital akan memungkinkan mahasiswa untuk terus menulis secara konsisten, sehingga UM Buton akan menjadi yang teratas dalam pencarian media digital.

Menariknya  adalah artikel yang dipublikasikan oleh mahasiswa memiliki backlink ke website resmi UM Buton. Ini akan meningkatkan jumlah pengunjung ke website kampus dan meningkatkan tingkat pemeringkatan.

Di bulan Agustus 2024 akan diberikan penghargaan pada peserta yang paling produktif menulis dan publikasi pasca mengikuti pelatihan.

Rama Ariendika, seorang mahasiswa UM Buton yang mengikuti pelatihan, mengatakan, “Saya mendapatkan ilmu baru tentang menulis dan menerbitkan tulisan saya di media digital.”

Dia menambahkan, materi dan kemampuan yang dia pelajari mendorongnya untuk tetap rajin menulis karena menurutnya menulis di media digital itu asyik. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini