IPM Ponorogo Meningkat, Bupati Sampaikan Terima Kasih ke Muhammadiyah
Bupati Ponorogo (no.3 dari kiri) ketika menghadiri halal bihalal Keluarga Besar Muhammadiyah Mlarak.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko sampaikan terima kasih ke Muhammadiyah sebagai penyumbang terbesar atas kenaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Ponorogo.

Dikutip dari siaran pers Prokopim Ponorogo Rabu (8/5/2025), kenaikan indeks pembangunan manusia (IPM) Ponorogo dari  71,81 pada 2021 menjadi 73,22 pada 2023, dikatakan Kang Bupati Sugiri Sancoko merupakan andil dari banyak pihak.

Diakuinya salah satu penyumbang terbesar kenaikan itu adalah Persyarikatan Muhammadiyah. Tidak hanya pada tingkatan pimpinan daerah, namun perannya merata sampai tingkat pimpinan cabang dan anak ranting.

Peran Persyarikatan Muhammadiyah dirasakan melalui salah satunya adalah Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di Kabupaten Ponorogo yang relatif lengkap, mulai dari pendidikan, sosial, kesehatan, sampai ekonomi.

“IPM kita dalam 3 tahun ini terus naik, Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah kontribusinya luar biasa. Melalui sekolahnya, amal usahanya, rumah sakitnya, program sosialnya, semua bisa kita lihat dan rasakan,” ucap Kang Bupati ketika menghadiri halal bihalal Keluarga Besar Muhammadiyah Mlarak, Minggu (5/5/2024).

Sugiri Sancoko berharap, peran dan kerja sama yang baik antara Muhammadiyah dengan Pemkab Ponorogo bakal terjalin lebih kuat lagi. Tidak hanya untuk saat ini, namun demi generasi Ponorogo mendatang.

“Peninggalan kita yang paling penting ya generasi mendatang yang lebih baik dari kita. Maka semua unsur harus kompak bergandeng erat agar cita-cita itu tercapai,” ucapnya.

Muhammadiyah di Kabupaten Ponorogo juga bergerak di bidang ekonomi diantaranya dengan adanya PT BPR Syariah Mitra Mentari Sejahtera PT BPRS Mitra Mentari Sejahtera atau disebut juga “Bank Mitra Syariah” merupakan salah satu Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang bergerak di bidang ekonomi.

Sesuai amanah Pedoman Pimpinan Pusat Muhammadiyah saham perseroan ini 100% milik Muhammadiyah dengan teknis pengampuan oleh PT Daya Matahari Utama (PWM Jatim) sebesar 88% dan pengampu perseorangan (PCM-PCM dibawah PDM Ponorogo) sebesar 12%. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini