Hal ini pun Allah tegaskan lewat salah satu ayat di dalam Al-Qur’an:

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak, dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Baqarah : 245)

(6). Rezeki karena menikah. Khusus bagi yang belum menikah segeralah untuk meminang jodohmu. Musababnya menikah merupakan pintu rezeki yang Islam sediakan bagi umatnya, ini bahkan Allah janjikan lewat firman-Nya di Al-Qur’an:

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang- orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan, jika mereka miskin Allah akan menampukkan mereka dengan karunia-Nya, dan Allah Maha luas (pemberianNya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. An-Nur : 32)

(7). Rezeki yang dijamin. Allah akan menjamin seluruh kehidupan makhluk-Nya di muka bumi maka kamu jangan khawatir ikhtiar saja sebaik mungkin dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya, semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).” (QS. Hud : 6)

(8). Rezeki yang tak terduga. Pintu rezeki terakhir yang bisa kita buka ialah lewat rezeki yang tak terduga.

Memang anomali dengan ulasan sebelumnya yang memerlukan usaha keras untuk mendapat rezeki, namun rezeki tak terduga ini tak sekonyong-konyong turun, ada syarat yang harus dipenuhi, syarat itu tertulis dalam Al-Qur’an:

“Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka- sangkanya.”
(QS. At-Talaq: 2-3). (*)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini