Delapan Pintu Rezeki yang Tertulis dalam Al-Qur'an
foto: islamonline

*) Oleh: Ferry Is Mirza DM

(1). Rezeki yang datang karena bersyukur kepada Allah. Apakah kamu sudah bersyukur hari ini jika belum cobalah merenungi berbagai hal yang sudah Allah berikan kepada kita kemudian bersyukurlah, pasalnya bersyukur merupakan salah satu pintu rezeki yang tertulis di dalam Al-Qur’an:

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan … sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya Azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim : 7)

(2). Rezeki karena hasil usaha. Dalam Islam, doa dan usaha adalah satu paket kamu tak bisa berharap satu hal hanya dengan doa.

Doa haruslah dibarengi dengan usaha yang keras dan sungguh-sungguh, itu karena usaha merupakan sumber rezeki yang jelas termaktub dalam Al-Qur’an dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.” (QS. An-Najm : 39)

(3). Rezeki datang lewat istighfar. Apakah ingin rezekimu lancar, cobalah untuk beristighfar. Selain mendatangkan kebaikan, istighfar sangat mungkin membuat rezekimu mengalir deras maka aku katakan kepada mereka mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai- sungai”
(QS. Nuh : 10-12)

(4). Rezeki dari Anak. Pintu rezeki mempunyai anak. Kamu pasti tak asing dengan pepatah … “banyak anak banyak rezeki”, pepatah itu mungkin tak sembarangan dibuat.  Pasalnya, dalam Al-Qur’an disebutkan kehadiran anak bisa mendatangkan rezeki termasuk bagi kedua orangtuanya dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut akan kemiskinan kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu”
(QS. Al-Isra : 31)

(5). Bersedekah. Banyak sekali penceramah dan orang-orang berkecukupan yang membocorkan kiat untuk mempermudah rezeki mereka semua sepakat salah satu caranya dengan bersedekah.

Sedekah tak hanya mendatangkan rezeki tapi juga  membuat hati kian tenang. Selain itu, bersedekah tak mungkin membuatmu jadi miskin, sebaliknya bersedekah bisa mendatangkan banyak rezeki.