Hilangnya Etika-Moral Di Tengah Kemakmuran Duniawi
foto: yaqeeninstitute

*) Oleh: Dr. Slamet Muliono Redjosari

Al-Qur’an mendalilkan bahwa manusia pada umumnya lalai terhadap Tuhannya ketika mendapatkan kenikmatan. Pada saat memperoleh kenikmatan, mereka bukan mengagungkan Tuhannya, tetapi justru melakukan kedurhakaan.

Hal ini ditunjukkan ketika manusia memperoleh kenikmatan dan kenyamanan, justru lupa terhadap pemberi kenikmatan dan kenyamanan.

Bukannya mengagungkan, mereka justru melupakan Allah sehingga berbuat sesuatu yang mengarah kepada kedurhakaan. Oleh karena itu, tidak salah apabila Allah membinasakannya.

Karunia Besar

Karunia besar yang diberikan Allah kepada manusia seharusnya membuatnya tahu diri bersyukur, tetapi justru membuatnya lupa diri. Hal ini ditunjukkan paparan Al-Qur’an yang menunjukkan bahwa Allah memberi kenikmatan yang amat banyak.

Kenikmatan itu berupa curah hujan dan sungai-sungai yang mengalir di bawahnya. Dengan curah hujan yang baik dan sumber air yang cukup maka manusia bisa menikmati berbagai hasil bumi sehingga bisa menjaga keberlangsungan hidup.

Dengan hasil bumi dan keberlangsungan hidup yang memadai maka manusia menjadi kokoh dan kedudukannya kuat. Namun ketika berkedudukan kokoh manusia justru lalai dengan melakukan dosa dengan berbagai praktek kemaksiatan.

Hal ini ditunjukkan paparan Al-Qur’an sebagaimana firman-Nya :

اَلَمْ يَرَوْا كَمْ اَهْلَـكْنَا مِنْ قَبْلِهِمْ مِّنْ قَرْنٍ مَّكَّنّٰهُمْ فِى الْاَ رْضِ مَا لَمْ نُمَكِّنْ لَّـكُمْ وَاَ رْسَلْنَا السَّمَآءَ عَلَيْهِمْ مِّدْرَا رًا ۖ وَّجَعَلْنَا الْاَ نْهٰرَ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهِمْ فَاَ هْلَكْنٰهُمْ بِذُنُوْبِهِمْ وَاَ نْشَأْنَا مِنْۢ بَعْدِهِمْ قَرْنًا اٰخَرِيْنَ

“Tidakkah mereka memperhatikan berapa banyak generasi sebelum mereka yang telah Kami binasakan, padahal (generasi itu), telah Kami teguhkan kedudukannya di bumi, yaitu keteguhan yang belum pernah Kami berikan kepadamu. Kami curahkan hujan yang lebat untuk mereka dan Kami jadikan sungai-sungai mengalir di bawah mereka, kemudian Kami binasakan mereka karena dosa-dosa mereka sendiri, dan Kami ciptakan generasi yang lain setelah generasi mereka.” (QS. Al-An’am : 6)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini