Madrasah Muallimin Muhammadiyah Gelar Halalbihalal, Menjaga Istiqomah Pasca Ramadan
H. Fathin Hammam.

Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta menggelar Syawalan dalam rangka halalbihalal di Sport Centre kampus terpadu Sedayu, Kamis (25/4/2024). Kegiatan berlangsung meriah namun juga khihmat dengan menghadirkan H. Fathin Hammam, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Tegal sebagai pembicara utama.

Dalam tausyiahnya, H. Fathin Hammam menyampaikan tentang tiga keadaan manusia pasca Ramadan. Pertama, tetap istiqomah dalam ketaatan baik saat Ramadan maupun setelahnya. Kedua, menurunnya semangat ibadah karena menganggap Lebaran sebagai waktu untuk bersantai.

“Dan yang ketiga, tetap dalam kondisi malas beribadah sebelum, saat, atau sesudah Ramadan,” jelasnya.

Selain itu, dia juga menyoroti empat hal yang harus dijaga secara istiqomah pasca Ramadan, yakni ketauhidan, ketaatan, keikhlasan, dan berjuang dengan bijaksana dalam persyarikatan.

Pesan yang disampaikan mengacu pada ajaran Islam dan petunjuk yang telah ditinggalkan oleh almarhum ustadz Djindar Tamimi, guru di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta, terutama terkait dengan pentingnya kesadaran akan akhirat.

Fathin Hammam juga mengutip ayat Al-Qur’an dan hadis Nabi Muhammad, yang menegaskan pentingnya akhir dari segala perbuatan manusia dalam menentukan nilai amalannya.

Acara juga dihadiri sejumlah tokoh, termasuk Ketua BPH Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta DR. H. Khoirudin Bashori MSi, Direktur Muallimin H. Aly Aulia Lc. M, Hum, serta sejumlah ustadz, pegawai, dan tamu undangan lainnya.

Halalbihalal menjadi momentum untuk merajut kembali silaturahmi dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya istiqomah dalam menjalani kehidupan, baik dalam ketaatan kepada Tuhan maupun dalam berjuang untuk kebaikan bersama. (*/tim)

Untuk mendapatkan update cepat silakan berlangganan di Google News